Get Gifs at CodemySpace.com
funny gifsPerkuat dirimu dengan ikhtiar dan amal Teguhlah dalam sikap tak mementingkan dunia Namun jangan jadikan pengetahuan rohani sebagai tujuan Renungi dalam-dalam dirimu agar niatmu terkabul Kau adalah pancaran kebenaran ilahi Jalan terbaik ialah tidak mamandang selain Dia.

Monday 9 June 2014

seorang guru teacher учитель

seorang guru. Karakteristik tersebut dipaparkan dalam 20 (dua puluh) poin sebagai berikut:
  1. Memahami ilmu syari’at baik berupa perintah untuk melaksanakan maupun larangan-larangannya (arep weruh elmu syareat sekira-kirane kang kinon anglampahakna, ingkang nora kawasa ora, muwah ingkang aninggahana lan kasinggahan)
  2. Berpegang teguh pada kebenaran, mengikuti seluruh sunah jama’ah. Menghalangi agar orang tidak murtad dari Agama Islam (sisiskepan arep abener, arut nut ing satingkahing sunat jama’at, aja amung pang, kalawan ta angalangana lamun ana wong tiba saking agama Islam)
  3. Hendaklah berupaya berhati-hatilah dalam beragama dan hiduplah dalam menjalani hidup (arep abudi, den wiweka praniti, atiti ing agama Islam, arep wicaksana tingkahing urip)
  4. Jadilah orang dermawan, penyayang, dan mau membantu orang yang mengalami kesulitan (loma welasan, angamuleni saniskara)
  5. Perhatikan dan hargai sikap para murid, anggap seperti anak cucu sendiri, pakaian dan makanan. Hal itu harapannya agar mereka mampu menjalankan agama Islam, agar mereka tidak berpikiran pendek. Demikian juga apabila memiliki pembantu maka anggaplah sama seperti murid, jangan sakiti hatinya, jangan membuatnya susah. Berbuatlah yang mengenakkan hati orang. Jika ada kekeliruan jangan langsung dibentak, tetapi ingatkanlah dengan nasihat dari para pendahulu (salaf), tetapi jika keadaan darurat maka terpaksa lakukan itu (arep mule uninga, arep anggungaken tingkahing murid den pada gen atingkah, den kadi anak putu, pangane penganggone, arep winehan sangkanane kawasa anglampahana agama Islam, sangkane aja esak. Mangka yan arorowang den apadakaya murid, aja linaran atine, aja aweh susahe arep amakenaki atining wong. Lamun ana kaluputanne, aja age kataragal den aris, arep winaleraken rumuhun, anging laku kang darurat, arep uga linampahaken yan teka. Sing angaranipon arep hebat dening amedeken amet kabcikan ikuta saking sugih nugraha uga)
  6. Utamakan pekerjaan untuk akhirat daripada dunia (arep anggungaken gawe akhirat, aja nilingi panggawe dunya)
  7. Berhati-hati dan tertib dalam menjalankan peraturan agama (arep nastiyapik dening nglakoni agama tarekat)
  8. Berani tanpa khawatir dengan ucapan orang lain (arep wani tan den sangsayaken pangucaping wong)
  9. Sabar dan pemaaf (arep sabar darana pangapura)
  10. Pasrah kepada Allah dan tidak berputus asa (arep pasrah ing Pangeran tan manasika ing kirya upaya)
  11. Bertindak dengan tujuan mulia untuk mendapatkan keselamatan (enging anglampahaken amet karya rahayu)
  12. Jika berhasil atau tidak (dalam usaha) maka hendaknya diterima dengan senang hati (yen oleh tan poliha, anging ananggapana suka)
  13. Menuruti perintah Allah tanpa membantah (anut sarehing Pangeran tan langgana)
  14. Menerima dengan suka cita jika mendapat cobaan Allah terhadap dirinya (suka radin lamun ana cobaning Pangeran teka maring awake, norana rasane atine)
  15. Sabar menghadapi sakit atau mendapat kesusahan hati (darana lamun winehan lara, lamun winehan sekeling ati)
  16. Teguh dan tidak tergoyahkan apabila hendak menjalankan perbuatan baik (arep akukuh tan anambah manih, dening ayun anglampahaken rahayu karya)
  17. Bersyukur dan taat kepada Allah (arep sukur, santosa ing Pangeran)
  18. Menyembunyikan saat sedekah (anilibaken lamun asidekah)
  19. Menyembunyikan apabila mendapat anugerah sakit dari Allah (anilibaken lamun sinung lara dening Pangeran)
  20. Merahasiakan ibadahnya dari manusia yang lain (aningidaken pangabekti)
Selain itu seorang guru hendaknya memiliki tanda yang lain yaitu  aluwe (lapar atau menjalankan ibadah puasa),atangi ring wengi (bangun malam, maksudnya bangun untuk melaksanakan shalat malam), dan meneng alungguh dhewek (duduk terdiam sendirian). Ketiga hal ini masing-masing memiliki tujuan dan manfaat tersendiri. Dengan menjalankan puasa maka seseorang akan mendapatkan cahaya. Sedangkan shalat malam akan menjadikan hati terang. Sementara itu berdiam diri sendirian akan memudahkan seseorang untuk memandang hina terhadap dunia.

0 comments:

Post a Comment


M@M@h YUniawati....... Powered by Blogger.
  1. Menyesali sedalam-dalamnya tindakan dimasa lalu yang keliru, yang tidak bermanfaat dan tidak baik, dan mengembalikan harta orang yang telah diambil secara aniaya. Jika tidak bias mengembalikannya maka mintalah kerelaan dari sang empunya agar menjadi halal (analasa anebataken lampah kang karuhun, kang tanpa gawe, kang tanpa yukti, lawan arep angulihaken artaning wong kinaniaya. Yen tan kawasa angulihaken palampahana halal rewanging asawala, mangkadi i kang linaran atine abcik yang pasunga halal).
Design Downloaded from Free Blogger Templates | Free Website Templates